Saturday 12 May 2018

Tips Atasi Bau Mulut Yang Mungkin Muncul Saat Berpuasa

Tips Atasi Bau Mulut Yang Mungkin Muncul Saat Berpuasa

Saat berpuasa, karena faktor lambung yang kosong, tentu ada kemungkinan munculnya bau mulut. Ada beberapa penyebab munculnya bau mulut salah satunya karena asam lambung yang berlimpah saat perut dalam keadaan kosong, dan juga bisa karena kondisi mulut dan keadaan gigi. Daripada menimbulkan rasa tidak nyaman, coba atasi dengan cara berikut.

Konsumsi Air Putih Yang Cukup



Meski sederhana, air putih memang mampu mengatasi bau mulut. Salah satu alasan munculnya bau mulut adalah karena kamu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karena itu, pastikan kamu cukup minum air selama berpuasa. Gunakan pola 2-4-2 untuk mengatur jumlah air yang masuk selama puasa. Dan juga air putih berguna dalam metabolisme tubuh. Mending air putih daripada minuman dengan berbagai warna itu.

Gunakan Mountwash


Berkumur dengan mouthwash sering menjadi pilihan utama untuk mengatasi bau mulut. Namun, dalam pemakaiannya, kamu harus memerhatikannya dengan benar. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan bahan kimia dalam mouthwash berdampak buruk untuk tubuh seperti munculnya kanker mulut. Penggunaan mouthwash dalam waktu lama juga menjadikan berdampak bakteri yang ada dalam mulut jadi kebal. Jadi, sebisa mungkin, hindari berkumur dengan mouthwash terlalu sering.

Berkumur Dengan Rebusan Cengkeh


Rempah yang satu ini tak hanya berguna sebagai penghias kue nastar, namun juga berguna untuk mengusir bau mulut. Kandungan alami cengkeh bermanfaat sebagai desinfektan yang mampu menmbunuh bakteri penyebab bau mulut. Untuk memanfaatkannya, siapkan cengkeh dalam takaran setengah cangkir. Rebus hingga mendidih dan berkumurlah dengan air rebusan cengkeh.

Berbuka Dengan Teh Tawar



Untuk berbuka puasa, teh adalah minuman paling populer. Tahukah kamu? Ternyata konsumsi teh secara rutin dapat mengatasi bau mulut yang muncul saat puasa. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi teh tanpa gula mengandung anti-oksidan (polifenol) yang membantu menghancurkan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Ingat ya, konsumsi tehnya tanpa gula!

Manfaatkan Daun Sirih



Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Biokimia Institut Pertanian Bogor (IPB), kandungan minyak asiri yang terdapat dalam daun sirih bersifat anti-bakteri. Dengan kata lain, kandungan ini mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut! Untuk menggunakannya, kamu bisa melakukan cara sama seperti cengkeh.  Pembuatannya tergolong praktis yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirih hingga matang. Air rebusan inilah yang digunakan utnuk menghilangkan bau mulut.

No comments:

Post a Comment

TERPOPULER

MAKALAH PEMBERIAN INJEKSI INSULIN LENGKAP

PEMBERIAN INJEKSI INSULIN SEMESTER 4 Oleh : Bayu Desicha Fahmi                         (201602008) Riska Oktavia Cahyani  ...